MENJADI IBU PROFESIONAL KEBANGGAAN KELUARGA : # NHW 2 #

CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN
a. Sebagai perempuan
b. Sebagai istri
c. Sebagai Ibu



  • Buatlah indikator yang kita sendiri bisa menjalankannya
  • Buat anda yang sudah berkeluarga tanyakana pada suami, indikator istri seperti apa yang sebenarnya bisa membuat dirinya bahagia
  • Tanyakan kepada anak indikator ibu sepertia apa yang bisa membuat mereka bahagia
  • Jadikan jawaban mereka sebagai referensi pembuatan checklist kita
  • Buat anda yang masih sendiri maka buatlah indikator dir dan pakailah permainan anadaikata aku menjadi sitri apa yang harus aku lakukan. andaikata aku menjadi ibu maka apa yang haru s aku lakukan. Kiata belajar membuat indikator untuk diri kita sendiri.
Kunci membuat indikator kita singkat menjadi SMART
  • SPECIFIC ( Unik/detail)
  • MEASURABLE (terukur)
  • ACHIEVABLE (bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah)
  • REALISTIC (berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari hari)
  • TIMEBOND (berikan batas waktu

Aku pernah membuat checklist pribadi seperti gambar diatas, but aku mau revisi kembali di kelas matrikulasi yang minggu demi minggu makin seru ini. Masih banyak kekurangan, belum konsisten pastinya, hiks.

a. Sebagai individu

No
KEGIATAN
KETERANGAN
1
Shalat diawal waktu
Setiap waktu shalat wajib
2
Shalat berjamaah
Minimal 2 x sehari
3
Shalat sunat rawatib
Minimal  6 rakaat sehari
4
Tilawah Alqur’an
Minimal  ½ juz sehari
5
Murojaah hafalan Qur’an
Minimal ½ juz sehari
6
Menambah hafalan Qur’an
Minimal  3 baris sehari
7
Shalat dhuha
Minimal 5 x seminggu
8
Shalat lail
Minimal 5 x seminggu
9
Study together with kids
Setiap hari
10
Kuliah
3 x seminggu
11
Membaca
Setiap hari
12
Share
3 x seminggu
13
Menulis
Minimal 1 post seminggu
14
Sedekah
Setiap hari
15
Sport, jalan kaki
Minimal sekali seminggu
16
Berkebun
Setiap Jumat pagi
17
Memilah sampah
Setiap hari
18
Mengurus kompos
Setiap hari
19
Sedia sayur dan buah
Setiap hari

Wuuaah checklistnya banyak banget ya? Ketahuan nih kalo aku belum selesai dengan diri sendiri, hiks. Aku mau jadi teladan buat anak-anak, so aku mesti mengerjakannya terlebih dahulu. Karena setelah ditanya anak-anak dan suami jawaban mereka simple sekali. Masing masing cuma mengutarakan satu poin aja. Aku udah deg degan menunggu jawaban kirain mau dapat list puaanjaang, eh ternyata tak terbukti.

b. Sebagai istri
  •     Prioritas utama keluarga, itu jawaban pendek suami
   Walaupun berstatus Ibu Rumah Tangga tapi ternyata aku punya buanyak     kegiatan juga. Aku sering kebablasan karena biasa all out untuk kegiatan yang kuampu. Indikator dari suami ini mesti jadi alarm kenceng buatku.

c. Sebagai ibu 
  • La taghdhob walakal jannah
  • Tegas
  • Keep smile
  • Gendut
Lalai di poin (b) berakibat di poin (c), jadi emosian, kurang senyum dan ngga gendut2 kayak keinginan si bungsu, hehehe. Semoga aku bisa menjadi pribadi, istri dan ibu yang lebih baik dan semakin baik.


# NHW 2#

                                            ~~Betty Sang Peniti Barokah~~
28 Oktober 2010                         

Comments

Popular posts from this blog

CIRCLE BERNAS #1

REVIEW JOURNAL #7 ApresiAKSI

TEAM BUILDING